Sabtu, 14 Mei 2011

Lagu Anak- anak Makin Tersingkirkan


"Seberapa seringkah anda melihat seorang anak kecil menyanyikan lagu anak-anak?"

Mungkin kebanyakan dari kita menjawab "jarang" atau bahkan "tidak pernah". dapat kita lihat dalam kehidupan real masyarakat kita, anak-anak kecil cenderung menyanyikan lagu-lagu pop bertemakan "cinta" yang seharusnya dikonsumsi oleh orang dewasa saja. mirisnya mereka menyanyikan lagu tersebut tanpa mengetahui maksud jelas dari lagu yang mereka nyanyikan. padahal lagu - lagu tersebut tidak memberikan suatu pembelajaran yang berguna bagi mereka.

lalu kemanakah lagu - lagu seperti Bintang Kecil, Pelangi, dan lagu - lagu yang sesuai dengan umur mereka? menagpa lagu - lagu pop "cinta" lebih sering mereka nanyikan? wah saya jadi teringat 9 tahun yang lalu saat usia saya 7 tahun ,orang tua saya membelikan sebuah kaset lagu anak-anak hehe.
Hampir setiap hari libur saya memutarnya dan ikut menyanyikannya. tapi, apakah mungkin anak kecil jaman sekarang tertarik untuk memutarkan lagu seperti saya dan teman - teman saya 9 tahun yang lalu? mungkin sebagian besar menjawab "tidak". buktinya saja anak tetangga depan rumah saya yang masih duduk dibangku kelas 1 SD sering menyanyikan lagu - lagu dewasa meskipun dengan lafal yang "gak jelas" layaknya suara toa masjid yang nyaris konslet.

mungkinkah ini pengaruh dari arus globalisasi? emmm.. atau mungkinkah ini dampak dari acara - acara televisi yang bisa dibilang "kurang berbobot" dan sering mereka tonton?

oke, ini semua kembali ke faktor utama yaitu "orang tua". orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun mental anaknya. Jika orang tuanya cerdas dan tegas dalam mendidik anak, insyaallah si anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang berkwalitas. begitupun sebaliknya. Alangkah baiknya jika orang tua terus mengawasi perkembangan si anak. seperti mengontrol acara - acara yang mereka tonton ditelevisi. karena bisa jadi mereka meniru apa yang mereka tonton.

dan salah satu contoh dampak negatifnya : "mereka lebih sering menyanyikan lagu- lagu dewasa, sementara lagu anak-anak seusia mereka makin tersingkirkan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar